[Di Balik Kertas] Andriel Handersuf


Alhamdulillah, beberapa menit sebelum menulis postingan ini aku baru saja mengirim naskah cerpen untuk event Fantasy Fiesta 2012 yang diselenggarakan oleh panitia kastilfantasi.com (Kastil Fantasi). Cerpen yang kukirim berjudul “Andriel Handersuf: Air Mata Yang Hilang”.

Sekilas info di balik pembuatannya, cerpen Fantasy Fiestaku tahun ini berawal dari niat iseng menerima arisan tantangan dari Shienny M.S. Tantangannya berupa dua sub-genre fantasi, satu setting, dan dua komponen cerita yang ditentukan secara acak. Kebetulan aku mendapat racikan: misteri, komedi; persidangan; duyung dan makhluk asing (alien).

Racikan itu ternyata cukup menantang buatku. Terutama karena aku belum terbiasa menulis cerita komedi. Belum lagi setting persidangan membutuhkan ruang kata cukup banyak untuk menunjukkan sihirnya. Sempat terpikir untuk mengakali (cheating) kata persidangan menjadi sesuatu yang lain, namun kemudian aku mengurungkan niat tersebut. Dan soal komedi, kucoba sesuatu yang lebih ringan. Maka kutulislah cerpen Andriel Handersuf.

Cukup alot. Menyisipkan komedi-komedi satir (mudah-mudahan begitu) pada alur peradilan dalam 3000 kata ternyata memang menantang. Andriel Handersuf adalah kolektor barang antik dan pedagang perhiasan yang harus menjalani persidangan paling aneh dalam hidupnya. Tidak terlalu rumit, namun (mudah-mudahan) menarik, plot cerpen yang cukup panjang dan sedikit misteri tanpa banyak twist ini kucoba mampatkan dalam batas kata yang sudah ditentukan. Hingga akhirnya cerpen ini selesai kubuat dalam tiga hari, aku merasa senang. Apapun yang terjadi nanti, aku lihat saja nanti. Dan aku berharap cerpen ini bisa menghibur siapa saja yang membacanya. πŸ™‚

8 thoughts on “[Di Balik Kertas] Andriel Handersuf

  1. laurentlia says:

    Halo, saia balas bersilaturahmi πŸ™‚
    Hmm prompts nya kelihatannya random abis, mungkin bisa jadi sesuatu yang menarik. x)

  2. at.fuzz says:

    Can’t wait!

  3. alfare says:

    Hoo. Hooo. Hooooo.

  4. andry chang says:

    Yay! Go go go Prince Xeno! -wait- cerpenku gak masuk tantangannya shienny yah ;p

    • princexeno says:

      (mendengar kata “Go go go!” langsung ingat counter strike)
      Affirmative! Cover me!

      Ahahaha…. Thanks, man. πŸ˜€
      Aku baru baca bagian awal cerpenmu dan nemu steak wagyu. Whoa! Itu steak yang mahal. XD

Leave a comment